Kamis, 11 Januari 2018

JUAL CHOCOLATE MONGGO KHAS JOGJAKARTA 2018


   SEDIA CHOCOLATE MONGGO KHAS JOGJAKARTA

MONGGO
Hanya Rp 110.000,00
Hubungi CS kami : 08211451 6390 / 08963032 2565
Agen Farid 80149433318
Biji-biji cokelat kering mengisi tiga karung goni. Di wadah bambu terhampar biji kakao. Ada pula pohon kakao. Sedangkan di sudut lain tampak mesin pengolah cokelat ditempatkan di ruangan berkaca. Semua itu adalah beberapa koleksi yang ada di Museum Cokelat Monggo, Bantul, Yogyakarta.
Dinding ruangan museum dipenuhi dengan poster dan gambar cokelat dari banyak negara. Materi sejarah cokelat sejak ribuan tahun lalu pun terpampang di sana. Misalnya, sebuah poster bergambar suku-suku di Amerika Latin sedang menikmati cokelat.
Tak ketinggalan, di kaca dipajang dengan bungkus dan wadah cokelat dari beragam negara. Foto petani sedang memetik cokelat dan jenis pohon kakao juga terkumpul komplet.
Museum ini berlokasi tak jauh dari Desa Wisata Krebet—sentra kerajinan batik kayu. Museum edukasi tersebut berada di kompleks dua bangunan dan diberi nama Chocolate Monggo Museum and Showroom.
Museum Cokelat Monggo punya dua bangunan yang kental dengan nuansa Jawa. Kursi dan gebyok khas Jawa menghiasi ruangan. Musiknya pun berupa gending Jawa.
Museum ini didirikan Thierry Detournay, seorang warga negara Belgia. Thierry juga dikenal sebagai pendiri Cokelat Monggo, yang rumah produksinya berada di Kotagede, Yogyakarta. Tak heran, di salah satu pojok dipampangkan komik sejarah berdirinya Cokelat Monggo.
Di tempat itu, pengunjung bisa belajar tentang sejarah cokelat serta produksi cokelat dari mengolah biji sampai menjadi cokelat siap saji. Pengunjung juga bisa bereksperimen dengan adonan cokelat. Mereka bebas memasukkan adonan cokelat ke cetakan yang ada di showroom.
“Anak-anak bisa coba bikin cokelat munjung. Berkesan dan mereka mendapat pengalaman baru,” kata Munawaroh, guru kelas 5 SD Bangunjiwo, Bantul, kepada Tempo, Senin, 13 Desember 2017. Munawaroh pernah mendampingi siswanya berkunjung ke museum tersebut.
Hasil kunjungan ke museum cokelat, kata dia, berguna untuk pelajaran bahasa Indonesia. Dari kunjungan itu, 55 siswa diminta menulis pengalamannya. Munawaroh mendapatkan informasi tentang museum itu dari seorang kawan. Letak museum juga tak jauh dari SD Bangunjiwo. Mereka berkunjung ke sana Januari lalu.

0 komentar:

Posting Komentar