Our Team




MANAJEMEN


Pengertian Manajemen

Secara etimologi, kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti “seni melaksanakan dan mengatur”. Manajemen adalah suatu cara/seni mengelola sesuatu untuk dikerjakan oleh orang lain. Untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien yang bersifat masif, kompleks dan bernilai tinggi tentulah sangat dibutuhkan manajemen. Sebagai contoh, karya-karya seni peradaban manusia seperti menara Eifel, tembok besar Cina, candi Borobudur dan lain sebagainya merupakan hasil dari suatu proses manajemen yang sukses.

Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.


Ilmu Manajemen sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya Piramida di Mesir. Piramida tersebut dibangun oleh lebih dari 100.000 orang selama 20 tahun. Piramida Giza tak akan berhasil dibangun jika tidak ada orang yang melaksanakan manajemen sehingga mampu merencanakan apa yang harus dilakukan, mengorganisir manusia serta bahan bakunya, memimpin dan mengarahkan para pekerja, dan menegakkan pengendalian tertentu guna menjamin bahwa segala sesuatunya dikerjakan sesuai rencana.

" O U R   T E A M "





Stop berfikir buruk, karena berfikir buruk akan membuatmu menyesal di kemudian hari ( Suwardi, A.Md. )




Tanggung jawab pertama seorang pemimpin adalah mendefinisikan realitas. Yang paling akhir adalah mengucapkan terima kasih. Di tengah-tengahnya, seorang pemimpin adalah pelayan. ( Muhammad Nur Milhan )



Menurut saya, kepemimpinan lahir dari sebuah integritas - bahwa Anda juga melakukan apa yang Anda perintahkan kepada orang lain. Menurut saya ada banyak cara memimpin yang tidak selalu terlihat jelas. Hanya dengan menunjukkan tauladan yang balk sebagai orang tua, teman, tetangga, maka orang lain bisa melihat bahwa suatu hal bisa dilakukan dengan cara yang lebih balk. Kepemimpinan tidak harus merupakan sesuatu yang bersifat dramatis, layaknya suatu aktivitas yang dibarengi dengan tangan yang terkepal di udara dan suara terompet yang membahana.  ( Yulianto )




Para pemimpin tidak lahir begitu saja. Mereka tumbuh dan berkembang di dalam ilmu, ketrampilan dan sikapnya, sehingga pada akhirnya menjadi pemimpin yang hebat. ( Muhammad Choirudin Muslim )



Kepemimpinan bukanlah berasal dari pribadi yang penuh daya tarik, hal itu hanya sebatas basa-basi di permukaan saja. Kepemimpinan bukanlah “mencari teman dan mempengaruhi orang”, itu namanya menjilat. Kepemimpinan adalah mengangkat vlsi seseorang ke tempat yang lebih tinggi, meningkatkan kinerja ke standar yang lebih tinggi, dan membentuk kepribadian melampaui batas normal.  ( Ahmad Fadlan Abrori )


Para pemimpin yang bekerja super efektif, dalam pandangan saya, tidak mengedepankan berkata “aku".  Dan itu bukan karena mereka telah melatih diri untuk tidak berkata “aku”. Mereka memang tidak berpikir sebagai “aku”.  Mereka berpikir sebagai “kita” sebagai sebuah “team”. Mereka paham bahwa pekerjaan mereka adalah membuat timnya berfungsi dengan balk. Mereka menerima tanggung jawab dan tidak menghindarinya. Namun pada akhirnya “kita” lah yang mendapatkan penghargaan. Inilah yang menghasilkan kepercayaan, yang membuat Anda mampu menuntaskan pekerjaan.  Sugeng Mulyadi, S.Pd.I, M.Si )



Jangan pernah mengatur orang bagaimana cara melakukan sesuatu. Cukup katakan pada mereka apa yang harus dilakukan dan mereka akan membuat Anda terkejut dengan ide-ide asli mereka yang cerdas. ( Waryoto Hadi Nugroho )


Kita semua pernah mencoba, kita pernah berhasil, dan kita pun pernah gagal. Namun yang pantas disebut pemenang hanyalah dia yang berani untuk mencoba lagi. ( Suwaji )




0 komentar:

Posting Komentar