Kerajinan Dari Kayu Jati – Kelurahan Jepon, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, merupakan salah satu sentra produk kerajinan kayu jati. Kurang lebih delapan kilometer dari kota Blora menuju kearah Cepu, di sepanjang jalan berderet showroom sederhana yang menjual produk kerajinan jati.
Di sini terdapat aneka model kerajinan dari kayu jati yang unik dan menarik, yang dapat digunakan untuk menambah nilai artistik interior maupun eksterior rumah Anda sebagai hiasan maupun sebagai perabot rumah tangga yang bermanfaat atau memiliki fungsi.
Dengan kekayaan alam dan potensi kayu jati di kabupaten Blora yang cukup besar memiliki areal hutan jati yang cukup luas karena mencapai 79.559.749 hektare atau43,70 persen dari total luas daerah.
Menjadikan masyarakat sekitar berupaya memaksimalkan hal tersebut, dengan membuat kerajinan yang berbahan dasar kayu jati. Cukup banyak terdapat kerajinan jati dari Blora seperti souvenir kayu jati dan furniture kayu jati.


Kerajinan Dari Kayu Jati Aneka Model

Kerajinan kayu jati Blora memiliki ciri khas tersendiri yang terletak pada bentuk atau model yang umumnya membulat dan halus, berbeda dengan kerajinan kayu ukir seperti Jepara atau Bali. Dalam pengerjaannya untuk membuat produk ini dilakukan dengan cara membubut potongan kayu jati dengan menggunakan mesin bubut sehingga menghasilkan bentuk lekuk dan alur sesuai seni, model, dan ukuran yang diinginkan.
Yang paling banyak diproduksi dengan sistem bubut seperti contoh adalah tempat payung, lampu meja, lampu tidur, tongkat kayu, tempat sampah, vas bunga, toples unik dan model lainnya.
Selain di wilayah kecamatan Jepon di beberapa kecamatan lain juga masih bisa ditemui pengrajin kayu serupa yang memanfaatkan kayu jati yang cukup melimpah dengan harga produk yang cukup bervariasi tergantung modelnya.
Salah satu produk terlaris dari kerajinan bubut bisa anda klik pada linknya untuk melihat detail dan harganya yaitu Tempat Sampah Unik
Baca juga dengan Pupuk